Sabtu, 14 September 2019

Sejarah dan Asal Mula Pulau Jawa



Indonesia yakni Negara kepulauan. Yuph, hal hal yang demikian dapat anda buktikan dengan banyaknya pulau yang dimiliki oleh Negara Indonesia ini. Banyak pulau-pulau hal yang demikian yang tersebar di semua pelosok Indonesia. Tetapi demikian, Indonesia memiliki lima pulau besar ialah pulau Sumatra, pulau Sulawesi, pulau Kalimantan, pulau Irian dan pulau Jawa. Dari kelimah pulau terbesar yang dapat anda dapatkan di Indonesia hal yang demikian, pulau Jawa yakni salah satu pulau yang paling banyak penduduknya. Kenapa pulau Jawa memiliki penduduk yang paling padat kalau diperbandingkan dengan pulau-pulau besar lainnya? Namun hal yang demikian tentunya banyak hal yang menghasilkan alasan kenapa jawa menjadi pulau dengan penduduk yang paling banyak. Tetapi demikian, dalam peluang ini, aku tak akan mendiskusikan kenapa pulau Jawa yakni pulau dengan penduduk paling padat, melainkan akan memberikan isu kaitannya dengan sejarah pulau Jawa.


Pulau Jawa-Pulau terpadat di Indonesia

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sejarah pulau Jawa, ada bagusnya kita mengenal seperti apa kepadatan penduduk di pulau jawa hal yang demikian. Selain anda masih ingat ada program pemerintah yang tujuannya yakni meratakan penduduk Indonesia supaya tak cuma terkonsentrasi ke dalam pulau jawa saja dan program hal yang demikian dinamakan program transmigrasi. Program hal yang demikian dijalankan oleh pemerintah dalam rangka meratakan jumlah penduduk yang ada di pulau jawa hal yang demikian. Berdasarkan hal itu, alasan utama yang membikin kenapa pulau ini banyak dipadati oleh penduduk sebab memang pulau ini yakni pulau dimana pemerintahan berada dan pulau dimana banyak industry atau lapangan profesi yang ada.



Asal Mula Pulau Jawa

Bila sebuah sumber, bahwa pulau ini diperikarakan terwujud sekitar 60 juta tahun yang lalu atau pada Zaman pre-tersier. Pada waktu itu, banyak yang mengungkapkan bahwa pulau ini masih tergabung dengan benua yang besar, yang namanya yakni superbenua Pangea. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mengenal usia suatu pulau yakni dengan memandang struktur batuan dasar yang ada pada pulau hal yang demikian. Selain memandang dari susunan dasar batuan hal yang demikian, pulau ini mempunyai usia yang berbeda-beda. Untuk pulau jawa terutamanya komponen barat diperkirakan bahwa pulau ini terwujud sekitar 145 sampai 65 juta tahun yang lalu. Pulau hal yang demikian menjadi komponen dari Sundaland Core atau paparan sunda.

Sementara itu, pulau Jawa komponen timur diperkirakan bahwa pulau hal yang demikian dulunya yakni komponen dari benua Australia dan komponen timur pulau jawa hal yang demikian juga diceritakan menubruk pulau jawa komponen barat. Selain penabrakan hal yang demikian diperkirakan terjadi 100 sampai 70 juta tahun yang lalu sampai pelaksanaan penabrakan kedua komponen pulau hal yang demikian menjadi pulau jawa sampai dikala ini. Dengan demikian, pulau jawa yakni pulau yang terwujud dari dua lempeng komponen barat dan juga komponen timur. Berdasarkan itu, lempeng barat juga memiliki usia lebih tua kalau diperbandingkan dengan lempeng timur. Kemudian dimana batas kedua lempeng hal yang demikian? Batas kedua lempeng hal yang demikian di percaya berada di bawa sungai Luk Ulo yang berada di Kebumen. Batas hal yang demikian menyeberangi laut Jawa dan memiliki batas akhir di Pegunungan Meratus.

Itulah sejarah pulau Jawa yang dapat anda kenal. Dengan mengenal asal mula pulau jawa hal yang demikian diinginkan dapat menambah rasa syukur kita dan juga dapat manambah pengetahuan kita mengenai sejarah-sejarah yang ada di sekitar kita. Dengan demikian, kita dapat menambah wawasan diri kita dan juga khasanah pengetahuan kita perihal Indonesia.

Terimakasih telah melihat artikel ini. Ini dipersembahkan oleh Komputer Mantap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar